kecilkan semua  

Teks -- Daniel 8:1-18 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Domba jantan dan kambing jantan
8:1 Pada tahun yang ketiga pemerintahan raja Belsyazar, nampaklah kepadaku, Daniel, suatu penglihatan sesudah yang tampak kepadaku dahulu itu. 8:2 Aku melihat dalam penglihatan itu, dan sementara aku melihat, aku berada di puri Susan, yang ada di wilayah Elam, dan aku melihat dalam penglihatan itu, bahwa aku sedang di tepi sungai Ulai. 8:3 Aku mengangkat mukaku dan melihat, tampak seekor domba jantan berdiri di depan sungai itu; tanduknya dua dan kedua tanduk itu tinggi, tetapi yang satu lebih tinggi dari yang lain, dan yang tinggi itu tumbuh terakhir. 8:4 Aku melihat domba jantan itu menanduk ke barat, ke utara dan ke selatan, dan tidak ada seekor binatangpun yang tahan menghadapi dia, dan tidak ada yang dapat membebaskan dari kuasanya; ia berbuat sekehendak hatinya dan membesarkan diri. 8:5 Tetapi sementara aku memperhatikannya, tampak seekor kambing jantan datang dari sebelah barat, yang melintasi seluruh bumi tanpa menginjak tanah; dan kambing jantan itu mempunyai satu tanduk yang aneh di antara kedua matanya. 8:6 Ia datang pada domba jantan yang dua tanduknya dan yang kulihat berdiri di depan sungai itu, lalu menyerangnya dengan keganasan yang hebat. 8:7 Aku melihatnya mendekati domba jantan itu; ia menggeram, lalu ditanduknya domba jantan itu, dipatahkannya kedua tanduknya, dan domba jantan itu tidak berdaya untuk tahan menghadapi dia; dihempaskannya dia ke bumi, diinjak-injaknya, dan tidak ada yang melepaskan domba jantan itu dari kuasanya. 8:8 Kambing jantan itu sangat membesarkan dirinya, tetapi ketika ia sampai pada puncak kuasanya, patahlah tanduk yang besar itu, lalu pada tempatnya tumbuh empat tanduk yang aneh, sejajar dengan keempat mata angin yang dari langit. 8:9 Maka dari salah satu tanduk itu muncul suatu tanduk kecil, yang menjadi sangat besar ke arah selatan, ke arah timur dan ke arah Tanah Permai. 8:10 Ia menjadi besar, bahkan sampai kepada bala tentara langit, dan dari bala tentara itu, dari bintang-bintang, dijatuhkannya beberapa ke bumi, dan diinjak-injaknya. 8:11 Bahkan terhadap Panglima bala tentara itupun ia membesarkan dirinya, dan dari pada-Nya diambilnya korban persembahan sehari-hari, dan tempat-Nya yang kudus dirobohkannya. 8:12 Suatu kebaktian diadakan secara fasik menggantikan korban sehari-hari, kebenaran dihempaskannya ke bumi, dan apapun yang dibuatnya, semuanya berhasil. 8:13 Kemudian kudengar seorang kudus berbicara, dan seorang kudus lain berkata kepada yang berbicara itu: "Sampai berapa lama berlaku penglihatan ini, yakni korban sehari-hari dan kefasikan yang membinasakan, tempat kudus yang diserahkan dan bala tentara yang diinjak-injak?" 8:14 Maka ia menjawab: "Sampai lewat dua ribu tiga ratus petang dan pagi, lalu tempat kudus itu akan dipulihkan dalam keadaan yang wajar." 8:15 Sedang aku, Daniel, melihat penglihatan itu dan berusaha memahaminya, maka tampaklah seorang berdiri di depanku, yang rupanya seperti seorang laki-laki; 8:16 dan aku mendengar dari tengah sungai Ulai itu suara manusia yang berseru: "Gabriel, buatlah orang ini memahami penglihatan itu!" 8:17 Lalu datanglah ia ke tempat aku berdiri, dan ketika ia datang, terkejutlah aku dan jatuh tertelungkup, lalu ia berkata kepadaku: "Pahamilah, anak manusia, bahwa penglihatan itu mengenai akhir masa!" 8:18 Sementara ia berbicara dengan aku, jatuh pingsanlah aku tertelungkup ke tanah; tetapi ia menyentuh aku dan membuat aku berdiri kembali.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Belsyazar the deputy king of Babylon after Nebuchadnezzar
 · Daniel the prophet who wrote the book of Daniel,son of David and Abigail,head of clan (Ithamar Levi) who pledged to obey God's law,prophet who wrote the book of Daniel
 · Elam son of Shem son of Noah,a country east of the Tigris and Babylon in the territory of Media,son of Shashak of Benjamin,son of Meshelemiah; a Levite gatekeeper,a man whose descendants returned from exile in Babylon; Elam I,forefather of exile returnees with Zerubbabel; Elam II,forefather of returnees headed by Jeshaiah,forefather of Shecaniah who had to put away his heathen wife,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law,a priest who helped Nehemiah dedicate the new wall of Jerusalem
 · Gabriel a specific angel,an angel who brought understanding to the prophet Daniel
 · Susan capital city of Elam and winter home of the Persian kings (OS)
 · Ulai a river flowing through Susa, Persia into the Euphrates delta


Topik/Tema Kamus: Lihat, Penglihatan | Daniel | Daniel /Beltazar | Raja, Kerajaan Makedonia | Gabriel | Yunani | Nabi | Raja, Kerajaan Media Dan Persia | Tentara | Malaikat | Tanduk | Tanah Palestina | Sungai | Binatang | Ulai | Belsyazar | Bintang | Kambing | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Dan 8:1 - PADA TAHUN YANG KETIGA. Nas : Dan 8:1 Tahun itu adalah 551 SM. Sisa kitab Daniel ditulis dalam bahasa Ibrani (bd. lihat cat. --> Dan 2:4). [atau ref. ...

Nas : Dan 8:1

Tahun itu adalah 551 SM. Sisa kitab Daniel ditulis dalam bahasa Ibrani (bd.

lihat cat. --> Dan 2:4).

[atau ref. Dan 2:4]

Full Life: Dan 8:3 - SEEKOR DOMBA JANTAN ... TANDUKNYA DUA. Nas : Dan 8:3 Domba jantan ini menggambarkan kerajaan Media-Persia (lih. ayat Dan 8:20).

Nas : Dan 8:3

Domba jantan ini menggambarkan kerajaan Media-Persia (lih. ayat Dan 8:20).

Full Life: Dan 8:5 - SEEKOR KAMBING JANTAN. Nas : Dan 8:5 Kambing jantan dari barat ini adalah kerajaan Yunani dan tanduknya yang menonjol melambangkan Aleksander Agung (lih. ayat Dan 8:21-22...

Nas : Dan 8:5

Kambing jantan dari barat ini adalah kerajaan Yunani dan tanduknya yang menonjol melambangkan Aleksander Agung (lih. ayat Dan 8:21-22) yang wafat sebelum waktunya pada puncak kekuasaannya; sesudah itu kerajaannya dibagi di antara keempat panglimanya

(lihat cat. --> Dan 7:3).

[atau ref. Dan 7:3]

Full Life: Dan 8:9 - MUNCUL SUATU TANDUK. Nas : Dan 8:9 Dari salah satu tanduk itu muncul suatu tanduk kecil (versi Inggris NIV -- yang semula kecil); ini mengacu kepada Antiokhus Epifanes ...

Nas : Dan 8:9

Dari salah satu tanduk itu muncul suatu tanduk kecil (versi Inggris NIV -- yang semula kecil); ini mengacu kepada Antiokhus Epifanes yang pada tahun 168 SM mendirikan patung dari dewa Yunani Zeus di Bait Suci dan mempersembahkan seekor babi di atas mezbah (lih. ayat Dan 8:23-25). Yudas Makabe kemudian merebut kembali Yerusalem dan menguduskan kembali Bait Suci dan mezbahnya (165 SM).

Full Life: Dan 8:14 - TEMPAT KUDUS ITU AKAN DIPULIHKAN. Nas : Dan 8:14 Pengudusan kembali tempat kudus terjadi tiga tahun dan dua bulan (2300 malam dan siang, atau 1150 hari) setelah mezbah Tuhan dipinda...

Nas : Dan 8:14

Pengudusan kembali tempat kudus terjadi tiga tahun dan dua bulan (2300 malam dan siang, atau 1150 hari) setelah mezbah Tuhan dipindahkan oleh Antiokhus.

Full Life: Dan 8:16 - BUATLAH ORANG INI MEMAHAMI. Nas : Dan 8:16 Gabriel (secara harfiah -- "hamba Allah yang perkasa" atau "Allah telah menunjukkan keperkasaan-Nya") adalah penghulu malaikat yang ...

Nas : Dan 8:16

Gabriel (secara harfiah -- "hamba Allah yang perkasa" atau "Allah telah menunjukkan keperkasaan-Nya") adalah penghulu malaikat yang juga menampakkan diri kepada Daniel dalam Dan 9:21 kepada Zakharia dalam Luk 1:19, dan perawan Maria dalam Luk 1:26

(lihat art. PARA MALAIKAT DAN MALAIKAT TUHAN).

BIS: Dan 8:1 - -- Mulai dari ayat ini sampai akhir bahasa yang dipakai adalah bahasa Ibrani (lih. Dan 2:4).

Mulai dari ayat ini sampai akhir bahasa yang dipakai adalah bahasa Ibrani (lih. Dan 2:4).

BIS: Dan 8:12 - Lalu ... itu Lalu ... itu: Ibrani tak jelas.

Lalu ... itu: Ibrani tak jelas.

Jerusalem: Dan 8:1 - Belsyazar Mengenai tokoh ini bdk Dan 5:1+

Mengenai tokoh ini bdk Dan 5:1+

Jerusalem: Dan 8:1 - dahulu itu Yaitu dalam pengalihan yang diceriterakan dalam bab 7. Penglihatan baru ini, bab 8, lebih jauh dan lebih terperinci mengulang penglihatan itu.

Yaitu dalam pengalihan yang diceriterakan dalam bab 7. Penglihatan baru ini, bab 8, lebih jauh dan lebih terperinci mengulang penglihatan itu.

Jerusalem: Dan 8:2 - puri Susan Susan adalah salah satu kota kediaman wangsa kerajaan Akhemenides (keturunan Koresy). Tidak jelas apakah Daniel sungguh-sungguh di kota Susan atau han...

Susan adalah salah satu kota kediaman wangsa kerajaan Akhemenides (keturunan Koresy). Tidak jelas apakah Daniel sungguh-sungguh di kota Susan atau hanya termasuk ke dalam penglihatannya

Jerusalem: Dan 8:2 - di tepi Terjemahan ini tidak pasti. Naskah Ibrani memakai di sini (dan dalam Dan 3,6) sebuah kata yang hanya terdapat di sini. Terjemahan-terjemahan kuno meng...

Terjemahan ini tidak pasti. Naskah Ibrani memakai di sini (dan dalam Dan 3,6) sebuah kata yang hanya terdapat di sini. Terjemahan-terjemahan kuno mengalihbahasakannya dengan "pintu gerbang" (tempat sungai Ulai masuk ke dalam kota)

Jerusalem: Dan 8:2 - sungai Ulai Sungai ini mengalir melalui kota Susan.

Sungai ini mengalir melalui kota Susan.

Jerusalem: Dan 8:3 - domba jantan Mengenai lambang domba jantan dan kambing jantan, Dan 8:5, bdk Yeh 34:17 dst, Zak 10:3 (kepala-kepala kawanan kambing: harafiah: kambing-kambing janta...

Mengenai lambang domba jantan dan kambing jantan, Dan 8:5, bdk Yeh 34:17 dst, Zak 10:3 (kepala-kepala kawanan kambing: harafiah: kambing-kambing jantan)

Jerusalem: Dan 8:3 - yang satu lebih tinggi Tanduk yang lebih tinggi ini melambangkan kekuasaan Persia yang menunjukkan orang Media, Dan 8:20. kerajaan Persia memang menggantikan kerajaan Media ...

Tanduk yang lebih tinggi ini melambangkan kekuasaan Persia yang menunjukkan orang Media, Dan 8:20. kerajaan Persia memang menggantikan kerajaan Media dengan mempersatukan dirinya dengan kerajaan itu.

Jerusalem: Dan 8:5 - seekor kambing jantan Ialah Aleksander Agung. Bdk Dan 8:21 dan Dan 2:40; 7:7; 11:3

Ialah Aleksander Agung. Bdk Dan 8:21 dan Dan 2:40; 7:7; 11:3

Jerusalem: Dan 8:5 - tanduk yang aneh Terjemahan ini tidak pasti.

Terjemahan ini tidak pasti.

Jerusalem: Dan 8:8 - -- Ayat ini menyinggung mangkatnya raja Aleksander Agung lalu kerajaannya terbagi-bagi. Dalam Dan 7:7 penulis Daniel segera beralih dari Aleksander kepad...

Ayat ini menyinggung mangkatnya raja Aleksander Agung lalu kerajaannya terbagi-bagi. Dalam Dan 7:7 penulis Daniel segera beralih dari Aleksander kepada wangsa kerajaan Seleukus, tetapi menyebut pendahulu-pendahulu raja Antiokhus Epifanes. Tetapi di sini penulis segera mulai berbicara tentang raja Antiokhus itu, Dan 9.

Jerusalem: Dan 8:9 - Tanah Permai Ialah tanah Palestina.

Ialah tanah Palestina.

Jerusalem: Dan 8:10 - bintang-bintang Ini melambangkan umat Allah menurut Dan 12:3 (bdk Mat 13:43).

Ini melambangkan umat Allah menurut Dan 12:3 (bdk Mat 13:43).

Jerusalem: Dan 8:11 - Panglima bala tentara Ialah Allah sendiri.

Ialah Allah sendiri.

Jerusalem: Dan 8:12 - Suatu kebaktian... Terjemahan ini tidak pasti. Terjemahan (harafiah) yang lain: dan juga bala tentara itu. Di atas korban bakaran ditempatkannya kejahatan, kebenaran dih...

Terjemahan ini tidak pasti. Terjemahan (harafiah) yang lain: dan juga bala tentara itu. Di atas korban bakaran ditempatkannya kejahatan, kebenaran dihembusannya ke bumi; apapun dibuatnya berhasil. Maksud ayat ini kurang jelas. Mungkin dimaksudkan: kejahatan (ialah kefasikan yang membinasakan, Dan 8:13, kekejian yang membinasakan, Dan 9:27+)mengganti korban bakaran di bait Allah. Mungkin juga dimaksudkan bahwa pengejar menetapkan bahwa korban bakaran harus dianggap suatu kejahatan.

Jerusalem: Dan 8:13 - seorang kudus Ini agaknya seorang malaikat, bdk Dan 4:13+

Ini agaknya seorang malaikat, bdk Dan 4:13+

Jerusalem: Dan 8:13 - seorang kudus lain Wahyu di sini disampaikan berupa dialog antara dua malaikat. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sebenarnya pertanyaan pelihat sendiri. Cara menyampai...

Wahyu di sini disampaikan berupa dialog antara dua malaikat. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sebenarnya pertanyaan pelihat sendiri. Cara menyampaikan wahyu yang sedemikian dipakai juga dalam Zak 1:8-17

Jerusalem: Dan 8:13 - korban sehari-hari Dalam terjemahan Yunani (LXX) terbaca; korban sehari-hari dihentikan.

Dalam terjemahan Yunani (LXX) terbaca; korban sehari-hari dihentikan.

Jerusalem: Dan 8:14 - dua ribu tiga ratus petang dan pagi Jadi 2.300 hari, atau 1.150 hari kalau penulis berpikir kepada kedua korban sehari-hari yang dihentikan selama masa penganiayaan. Kedua angka ini kura...

Jadi 2.300 hari, atau 1.150 hari kalau penulis berpikir kepada kedua korban sehari-hari yang dihentikan selama masa penganiayaan. Kedua angka ini kurang cocok dengan tiga setengah tahun (1.260 hari) yang disebut dalam Dan 7:25. Maksudnya memang kurang jelas.

Jerusalem: Dan 8:16 - dari tengah sungai Ulai Terjemahan ini kurang pasti. Terjemahan harafiah: di atas sungai Ulai. Maksudnya barangkali: di atas pintu gerbang sungai Ulai, bdk Dan 8:2+.

Terjemahan ini kurang pasti. Terjemahan harafiah: di atas sungai Ulai. Maksudnya barangkali: di atas pintu gerbang sungai Ulai, bdk Dan 8:2+.

Ende: Dan 8:1-27 - -- Penglihatan kedua ini sedjadjar dengan pasal 7(Dan 7) dan membitjarakan perkara2 jang sama djuga. Hanja keradjaan Babel ditinggalkan.

Penglihatan kedua ini sedjadjar dengan pasal 7(Dan 7) dan membitjarakan perkara2 jang sama djuga. Hanja keradjaan Babel ditinggalkan.

Ende: Dan 8:2 - -- Dalam penglihatan Daniel se-akan2 dipindahkan ke Sjusjan (=susa).

Dalam penglihatan Daniel se-akan2 dipindahkan ke Sjusjan (=susa).

Ende: Dan 8:3 - Domba-djantan itu, ialah keradjaan Parsi; kedua tanduknja menundjuk kedua bagian keradjaan itu (Media, Parsi). Parsi mendjadi bagian lebih penting sesudah Media (Ta...

itu, ialah keradjaan Parsi; kedua tanduknja menundjuk kedua bagian keradjaan itu (Media, Parsi). Parsi mendjadi bagian lebih penting sesudah Media (Tanduk jang satu muntjul sesudah jang lain).

Ende: Dan 8:4 - -- Meluasnja keradjaan Parsi disindir.

Meluasnja keradjaan Parsi disindir.

Ende: Dan 8:5 - -- Kambing-djantan itu ialah keradjaan Junani. Tanduknja ialah radja pertama Iskandar, jang merebut keradjaan besar dan mengalahkan Parsi (Dan 8:6-7).

Kambing-djantan itu ialah keradjaan Junani. Tanduknja ialah radja pertama Iskandar, jang merebut keradjaan besar dan mengalahkan Parsi (Dan 8:6-7).

Ende: Dan 8:8 - -- Kematian Iskandar dan terpetjahnja keradjaan disindir.

Kematian Iskandar dan terpetjahnja keradjaan disindir.

Ende: Dan 8:9-12 - -- Ajat2 ini menundjuk Antiochos IV Epifanes, jang merebut Palestina (Kebanggaan) dan mengedjar agama Jahudi. Ketjongkakannja ditandaskan (Dan 8:10).

Ajat2 ini menundjuk Antiochos IV Epifanes, jang merebut Palestina (Kebanggaan) dan mengedjar agama Jahudi. Ketjongkakannja ditandaskan (Dan 8:10).

Ende: Dan 8:13 - jakni kurban tetap..dst. ialah penghentian ibadah Jahudi oleh Antiochos, penegakan patung dewa kafir, pentjemaran baitullah dan ibadah kafir jang dirajakan didalamnja.

ialah penghentian ibadah Jahudi oleh Antiochos, penegakan patung dewa kafir, pentjemaran baitullah dan ibadah kafir jang dirajakan didalamnja.

Ende: Dan 8:13 - balatentara (Dan 8:12). Kurang djelas maksudnja. Agaknja: orang2 Jahudi jang setia dan dikedjar.

(Dan 8:12). Kurang djelas maksudnja. Agaknja: orang2 Jahudi jang setia dan dikedjar.

Ende: Dan 8:14 - -- Kurban tetap dipersembahkan pagi2 dan petang. Djadi duaribu tiga ratus petang dan pagi ialah: seribu limapuluh hari (=kurang dari tiga setengah tahun)...

Kurban tetap dipersembahkan pagi2 dan petang. Djadi duaribu tiga ratus petang dan pagi ialah: seribu limapuluh hari (=kurang dari tiga setengah tahun).

Endetn: Dan 8:11 - (diambilnja) ditambahkan.

ditambahkan.

Endetn: Dan 8:11 - -- Tanda batja dipindahkan.

Tanda batja dipindahkan.

Endetn: Dan 8:12 - -- Satu huruf (dalam) ditinggalkan menurut terdjemahan Junani Theodotion.

Satu huruf (dalam) ditinggalkan menurut terdjemahan Junani Theodotion.

Endetn: Dan 8:14 - (kepada)nja diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: (-)ku".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: (-)ku".

Ref. Silang FULL: Dan 8:1 - raja Belsyazar // suatu penglihatan · raja Belsyazar: Dan 5:1; Dan 5:1 · suatu penglihatan: Dan 1:17; Dan 1:17

· raja Belsyazar: Dan 5:1; [Lihat FULL. Dan 5:1]

· suatu penglihatan: Dan 1:17; [Lihat FULL. Dan 1:17]

Ref. Silang FULL: Dan 8:2 - puri Susan // wilayah Elam · puri Susan: Ezr 4:9; Ezr 4:9; Est 2:8; Est 2:8 · wilayah Elam: Kej 10:22; Kej 10:22

· puri Susan: Ezr 4:9; [Lihat FULL. Ezr 4:9]; Est 2:8; [Lihat FULL. Est 2:8]

· wilayah Elam: Kej 10:22; [Lihat FULL. Kej 10:22]

Ref. Silang FULL: Dan 8:3 - dan melihat // domba jantan · dan melihat: Dan 10:5 · domba jantan: Wahy 13:11

· dan melihat: Dan 10:5

· domba jantan: Wahy 13:11

Ref. Silang FULL: Dan 8:4 - dari kuasanya // berbuat sekehendak · dari kuasanya: Yes 41:3 · berbuat sekehendak: Dan 11:3,16

· dari kuasanya: Yes 41:3

· berbuat sekehendak: Dan 11:3,16

Ref. Silang FULL: Dan 8:7 - bumi, diinjak-injaknya // dari kuasanya · bumi, diinjak-injaknya: Dan 7:7; Dan 7:7 · dari kuasanya: Dan 11:11,16

· bumi, diinjak-injaknya: Dan 7:7; [Lihat FULL. Dan 7:7]

· dari kuasanya: Dan 11:11,16

Ref. Silang FULL: Dan 8:8 - kuasanya, patahlah // dari langit · kuasanya, patahlah: 2Taw 26:16-21; Dan 5:20; Dan 5:20 · dari langit: Dan 7:2; Dan 7:2; Wahy 7:1

· kuasanya, patahlah: 2Taw 26:16-21; Dan 5:20; [Lihat FULL. Dan 5:20]

· dari langit: Dan 7:2; [Lihat FULL. Dan 7:2]; Wahy 7:1

Ref. Silang FULL: Dan 8:9 - tanduk kecil // Tanah Permai · tanduk kecil: Dan 7:8 · Tanah Permai: Yeh 20:6; Yeh 20:6; Dan 11:16

· tanduk kecil: Dan 7:8

· Tanah Permai: Yeh 20:6; [Lihat FULL. Yeh 20:6]; Dan 11:16

Ref. Silang FULL: Dan 8:10 - bahkan sampai // ke bumi // dan diinjak-injaknya · bahkan sampai: Yes 14:13; Yes 14:13 · ke bumi: Wahy 8:10; 12:4 · dan diinjak-injaknya: Dan 7:7; Dan 7:7

· bahkan sampai: Yes 14:13; [Lihat FULL. Yes 14:13]

· ke bumi: Wahy 8:10; 12:4

· dan diinjak-injaknya: Dan 7:7; [Lihat FULL. Dan 7:7]

Ref. Silang FULL: Dan 8:11 - terhadap Panglima // bala tentara // korban persembahan // kudus dirobohkannya · terhadap Panglima: Dan 8:25 · bala tentara: Dan 11:36-37 · korban persembahan: Yeh 46:13-14 · kudus dirobohkannya: Dan 1...

· terhadap Panglima: Dan 8:25

· bala tentara: Dan 11:36-37

· korban persembahan: Yeh 46:13-14

· kudus dirobohkannya: Dan 11:31; 12:11

Ref. Silang FULL: Dan 8:12 - ke bumi · ke bumi: Yes 48:1; Yes 48:1

· ke bumi: Yes 48:1; [Lihat FULL. Yes 48:1]

Ref. Silang FULL: Dan 8:13 - seorang kudus // lama berlaku // yang diinjak-injak · seorang kudus: Ul 33:2; Ul 33:2; Dan 4:23; Dan 4:23 · lama berlaku: Dan 12:6 · yang diinjak-injak: Yes 28:18; Yes 28:18; Luk 21...

· seorang kudus: Ul 33:2; [Lihat FULL. Ul 33:2]; Dan 4:23; [Lihat FULL. Dan 4:23]

· lama berlaku: Dan 12:6

· yang diinjak-injak: Yes 28:18; [Lihat FULL. Yes 28:18]; Luk 21:24; [Lihat FULL. Luk 21:24]; Wahy 11:2

Ref. Silang FULL: Dan 8:14 - akan dipulihkan · akan dipulihkan: Dan 12:11-12

· akan dipulihkan: Dan 12:11-12

Ref. Silang FULL: Dan 8:15 - melihat penglihatan // seorang laki-laki · melihat penglihatan: Dan 8:1 · seorang laki-laki: Yeh 2:1; Yeh 2:1; Dan 10:16-18

· melihat penglihatan: Dan 8:1

· seorang laki-laki: Yeh 2:1; [Lihat FULL. Yeh 2:1]; Dan 10:16-18

Ref. Silang FULL: Dan 8:16 - sungai Ulai // Gabriel // memahami penglihatan · sungai Ulai: Dan 8:2 · Gabriel: Dan 9:21; Luk 1:19; Luk 1:19 · memahami penglihatan: Dan 7:16; Dan 7:16

· sungai Ulai: Dan 8:2

· Gabriel: Dan 9:21; Luk 1:19; [Lihat FULL. Luk 1:19]

· memahami penglihatan: Dan 7:16; [Lihat FULL. Dan 7:16]

Ref. Silang FULL: Dan 8:17 - jatuh tertelungkup // akhir masa · jatuh tertelungkup: Yeh 1:28; 44:4; Dan 2:46; Dan 2:46; Wahy 1:17 · akhir masa: Dan 8:19; Hab 2:3

· jatuh tertelungkup: Yeh 1:28; 44:4; Dan 2:46; [Lihat FULL. Dan 2:46]; Wahy 1:17

· akhir masa: Dan 8:19; Hab 2:3

Ref. Silang FULL: Dan 8:18 - ke tanah // berdiri kembali · ke tanah: Dan 10:9 · berdiri kembali: Yeh 2:2; Yeh 2:2; Dan 10:16-18; Za 4:1

· ke tanah: Dan 10:9

· berdiri kembali: Yeh 2:2; [Lihat FULL. Yeh 2:2]; Dan 10:16-18; Za 4:1

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Dan 8:1-12 - Bangkitnya kekuatan kafir (Sabtu, 26 Juni 1999) Bangkitnya kekuatan kafir Binatang yang terlihat dalam penglihatan Daniel kali ini tidak seseram sebelumnya. Kali ini yang dilihatnya adalah see...

SH: Dan 8:1-27 - Allah tahu (Sabtu, 8 November 2008) Allah tahu Bila mimpi yang pertama membuat Daniel gelisah (Dan. 7:15, 28), maka penglihatan dalam pasal 8 ini membuat Daniel lelah dan jatuh ...

SH: Dan 8:1-14 - Siapakah yang Kita Pilih? (Sabtu, 9 Desember 2017) Siapakah yang Kita Pilih? Pada tahun ketiga pemerintahan Belsyazar, Daniel mendapat penglihatan lagi (1). Saat itu, ia sedang ada di puri Susan (2). ...

SH: Dan 8:1-14 - Domba dan Kambing (Kamis, 16 November 2023) Domba dan Kambing Menurut pakar hewan, domba jantan adalah binatang yang tidak akan menyerang kecuali dalam bahaya. Lain halnya dengan domba jantan d...

SH: Dan 8:13-27 - Menafsirkan penglihatan (Minggu, 27 Juni 1999) Menafsirkan penglihatan Di kalangan Kristen sekarang ini, banyak orang mengaku bahwa dirinya memperoleh penglihatan dari Allah. Penglihatan itu ...

SH: Dan 8:15-27 - Makna di Balik Peristiwa (Senin, 11 Desember 2017) Makna di Balik Peristiwa Dalam mimpinya, Daniel mendapatkan penglihatan yang aneh dan membingungkan. Ia melihat domba jantan yang dihancurkan oleh ka...

SH: Dan 8:15-27 - Kunci Jawaban (Jumat, 17 November 2023) Kunci Jawaban Setelah mengerjakan ujian, sering kali para siswa kebingungan apakah mereka sudah menjawab semua soal dengan benar atau belum. Satu-sat...

Utley: Dan 8:1-4 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 8:1-41 Pada tahun yang ketiga pemerintahan raja Belsyazar, nampaklah kepadaku, Daniel, suatu penglihatan sesudah yang tampa...

Utley: Dan 8:5-8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 8:5-85 Tetapi sementara aku memperhatikannya, tampak seekor kambing jantan datang dari sebelah barat, yang melintasi seluru...

Utley: Dan 8:9-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 8:9-149 Maka dari salah satu tanduk itu muncul suatu tanduk kecil, yang menjadi sangat besar ke arah selatan, ke arah timur...

Utley: Dan 8:15-17 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 8:15-1715 Sedang aku, Daniel, melihat penglihatan itu dan berusaha memahaminya, maka tampaklah seorang berdiri di depanku, ...

Utley: Dan 8:18-26 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 8:18-2618 Sementara ia berbicara dengan aku, jatuh pingsanlah aku tertelungkup ke tanah; tetapi ia menyentuh aku dan membua...

Topik Teologia: Dan 8:9 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Manusia Dunia Pemeliharaan Allah di Dalam Negara-negara Pe...

Topik Teologia: Dan 8:13 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik

Topik Teologia: Dan 8:15 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Beberapa Orang yang Kepadanya Para Malaikat Baik ...

Topik Teologia: Dan 8:16 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik

TFTWMS: Dan 8:5-14 - Isi Penglihatan ISI PENGLIHATAN (Daniel 8:5-14) Daniel pertama-tama melihat seekor domba jantan. Ayat 20 memberitahu kita bahwa domba jantan itu mewakili Media dan P...

TFTWMS: Dan 8:15-26 - Penglihatan Itu Ditafsirkan Oleh Gabriel PENGLIHATAN ITU DITAFSIRKAN OLEH GABRIEL (Daniel 8:15-26) Gabriel diperintahkan (ay. 16) untuk menyampaikan makna penglihatan itu kepada Daniel. Kita...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Daniel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Daniel Tema : Kedaulatan Allah Dalam Sejarah Tanggal Penulisan: Sekitar 536-530 SM Latar Belakang Daniel, yang naman...

Full Life: Daniel (Garis Besar) Garis Besar I. Latar Belakang Sejarah Daniel (Dan 1:1-21) A. Daniel dan Teman-Teman Diangkut ke Babel ...

Jerusalem: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL Kalau ditinjau dari segi isinya, maka kitab Daniel dapat dibagi dua. Bagian pertama Daniel, yaitu Dan 1-6, berisikan kisah-kisah sbb: Daniel da...

Ende: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL PENDAHULUAN Kitab Daniel memperkenalkan kita dengan tokoh jang bernama demikian. Kitab itu sedikitpun tidak menjatakan telah ditulis oleh Danie...

Ende: Daniel (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

TFTWMS: Daniel (Pendahuluan Kitab) Daniel 8: 1-27 "LIHATLAH, DOMBA JANTAN & KAMBING JANTAN!" Pada tahun ketiga pemerintahan Belsyazar, dua tahun setelah penglihatannya se...

TFTWMS: Daniel (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Akhir dari Kerajaan Babel, atau Kasdim, pada kenyataannya sudah dekat ketika Daniel menerima penglihatan ini (8:1). Pengaran...

TFTWMS: Daniel (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Kata Yunani diadochi berarti "penerus" dan dengan demikian dipilih oleh para sejarawan untuk menjuluki para penerus Alex...

BIS: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL PENGANTAR Buku Daniel ditulis pada waktu bangsa Yahudi sangat menderita karena dianiaya dan ditindas oleh seorang raja asing. Si penulis memb

DANIEL

PENGANTAR

Buku Daniel ditulis pada waktu bangsa Yahudi sangat menderita karena dianiaya dan ditindas oleh seorang raja asing. Si penulis membesarkan hati bangsanya dengan berbagai cerita dan laporan tentang penglihatan- penglihatan. Ia memberikan mereka harapan bahwa Allah akan menjatuhkan si penjajah dan memulihkan kerajaan bagi umat Allah.

Buku ini berisi dua bagian yang terpenting:

  1. 1. Kisah tentang Daniel dan beberapa temannya sepembuangan; mereka mengalahkan musuh-musuh mereka hanya karena mereka percaya dan taat kepada Allah. Kisah- kisah itu terjadi di zaman kerajaan Babel dan Persia.
  2. 2. Sejumlah penglihatan yang dilihat oleh Daniel. Dalam bentuk perlambang, penglihatan-penglihatan itu menggambarkan berkembangnya dan jatuhnya berbagai negara berturut-turut mulai dengan Babel. Selain itu, diramalkan juga jatuhnya si penjajah yang tidak mengenal Allah itu, serta kemenangan umat Allah.

Isi

  1.  Daniel dan teman-temannya
    Dan 1:1-6:28
  2.  Penglihatan-penglihatan yang dilihat Daniel
    Dan 7:1-11:45
    1. a. Empat binatang
      Dan 7:1-28
    2. b. Domba jantan dan kambing jantan
      Dan 8:1-9:27
  3.  Akhir zaman
    Dan 12:1-13

Ajaran: Daniel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Daniel, anggota jemaat mengerti bahwa kelahiran dan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia telah dinubuatkan pada z

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Daniel, anggota jemaat mengerti bahwa kelahiran dan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia telah dinubuatkan pada zaman dahulu. Dan juga tentang keadaan daripada zaman akhir. Selain itu, agar anggota jemaat juga dapat meneladani kehidupan Daniel dengan teman-temannya yang setia beribadah kepada Allah, walaupun berada di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Daniel.

Isi Kitab: Kitab Daniel terbagi atas 12 pasal, yang isinya berhubungan sejarah kekuasaan bangsa-bangsa di dunia, dan juga tentang keadaan pada masa yang akan datang, ketika Tuhan Yesus datang kembali ke dunia untuk yang kedua kali.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang isi Kitab Daniel, lihatlah uraian berikut:

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Daniel

  1. Pasal 1-66 (Dan 1:1-6:28).

    Pemberitaan tentang peristiwa-peristiwa kehidupan Nabi Daniel

    1. Sejarah Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego sebelum k Babel sampai mereka menjadi pejabat pemerintah Babe (Pasal 1; Dan 1:1-21).
    2. Cerita tentang mimpi raja Nebukadnezar dan arti yan dijelaskan oleh Daniel (Pasal 2; Dan 2:1-49).
    3. Cerita tentang ketaatan Sadrakh, Mesakh, dan Abedneg dalam menyembah Allah walaupun dimasukkan ke dala perapian yang menyala-nyala (Pasal 3; Dan 3:1-30).
    4. Pemberitahuan arti dari mimpi raja Nebukadnezar, da penggenapannya (Pasal 4; Dan 4:1-37).
    5. Cerita tentang tulisan di dinding dan arti sert penggenapannya (Pasal 5; Dan 5:1-31).
    6. Cerita ketaatan Daniel dalam beribadah kepada Alla walaupun dimasukkan ke dalam gua singa (Pasal 6; Dan 6:1-28).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Dan 1:8-15, 18-20. Apakah keputusan Daniel dan akibatnya?
    2. Bacalah pasal Dan 2:26-30, 47-49. Mengapa Daniel dapat menjelaskan mimpi raja? Dan apakah akibatnya?
    3. Bacalah pasal Dan 3:12-30. Mengapakah Sadrakh, Mesakh, dan Abednego dihukum raja? Bagaimanakah sikap ketiga orang umat Allah itu? Dan apakah akibatnya?
    4. Bacalah pasal Dan 4:19-37. Apakah arti mimpi raja dan apakah akibatnya bagi raja?
    5. Bacalah pasal Dan 5:3-6, 17-30. Mengapakah ada tulisan di dinding? Dan apakah artinya serta akibatnya bagi raja?
    6. Bacalah pasal Dan 6:8-11,14-25. Apakah sebabnya Daniel dibuang ke gua singa? Dan apa saja yang terjadi? Apakah akibatnya atas orang-orang yan memfitnah/memusuhi umat Allah?
  2. Pasal 7-12 (Dan 7:1-12:13).

    Penglihatan Nabi Daniel tentang keadaan bangsa-bangsa di akhir zaman

    Pendalaman

    Bacalah pasal Dan 12:1-13. Apakah janji bagi orang-orang yang percaya? (pasal Dan 12:13).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Ketaatan Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego di dalam menyembah Allah walaupun berada dalam ancaman, merupakan pengajaran terhadap setiap orang Kristen untuk mempunyai kesetiaan dalam imannya ketika berada dalam bahaya.

  2. Pertolongan Allah terhadap Daniel dan teman-temannya, membuktikan bahwa Allah tidak pernah membiarkan anak-anak-Nya mengalami penderitaan seorang diri.

  3. Pada akhir zaman akan ada kesusahan-kesusahan besar, tetapi umat Allah akan mendapat bagian dalam kerajaan Allah yang kekal.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Daniel?
  2. Mengapakah Sadrakh dan teman-temannya dimasukkan ke dala perapian yang bernyala-nyala? Siapakah yang menolong?
  3. Mengapakah Daniel dimasukkan ke dalam gua singa? Dan siapakah penolongnya?
  4. Dari manakah pengetahuan Daniel untuk mengartikan mimp Raja Nebukadnezar?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setela mempelajari Kitab Daniel?

Intisari: Daniel (Pendahuluan Kitab) Orang yang diberi karunia penglihatan SIAPAKAH DANIELDaniel adalah seorang tawanan perang yang ditangkap oleh Nebukadnezar, raja Babel, pada waktu Ye

Orang yang diberi karunia penglihatan

SIAPAKAH DANIEL
Daniel adalah seorang tawanan perang yang ditangkap oleh Nebukadnezar, raja Babel, pada waktu Yerusalem jatuh. Bersama-sama dengan orang Yahudi dari golongan atas lainnya, Daniel diangkut ke Babel, dididik, dan dipekerjakan pada pemerintah. Dia bekerja di bawah Nebukadnezar, Belsyazar dan Darius dari tahun 605 SM sampai 536. Namanya berarti "Allah adalah hakimku", tetapi di Babel ia diberi nama baru. Seperti nama aslinya yang mengandung nama Allah Israel, yaitu El, maka nama barunya pun mengandung nama dewa Babel, Bel. Beltsazar mungkin berarti "Semoga dewa Bel melindungi raja". Perhatikan tiga hal mengenai Daniel, yaitu dia adalah seorang yang sangat bijaksana, sangat mudah bergaul dan rajin berdoa.

JAWABAN ATAS PERTANYAAN YANG MENGIBAKAN
Mazmur 137, sama seperti halnya nubuatan ini, ditulis di Babel: "Di tepi sungai-sungai Babel
di sanalah kita duduk sambil menangis,
apabila kita mengingat Sion."
Hidup dalam pengasingan sangat menghancurkan moral bangsa Yahudi. Mereka merasa bahwa Allah telah meninggalkan mereka. Oleh karena itu, mereka menggantungkan harpa mereka dan menolak untuk bernyanyi: "Bagaimanakah kita menyanyikan nyanyian Tuhan di negeri asing?"
Itulah pertanyaan mereka yang mengibakan. Daniel menjawab pertanyaan mereka. Ia menunjukkan bahwa Allah tetap Allah, walaupun mereka berada di Babel.

DANIEL DAN ANTIOKUS EFIFANUS
Bagian kedua kitab Daniel berisi gambaran yang mengandung nubuatan yang dapat kita lihat sudah digenapi secara detail dalam pemerintahan Antiokus Efifanus, yang memerintah sebagian besar Asia Kecil, Siria dan Palestina dari tahun 175 sampai 164 SM. Banyak penulis tentang Daniel menolak adanya nubuatan di kitab kedua ini dan berpendapat bahwa kitab ini, sebenarnya, ditulis sekitar tahun 165 SM, bukan oleh Daniel tetapi oleh seorang penulis tak dikenal. Keberatan mereka yang utama rupanya menyangkut konsep nubuatan sebagai ramalan mengenai apa yang akan terjadi di masa depan, khususnya nubuatan yang sangat rinci. Tetapi nubuatan-nubuatan ini mendapat perhatian sungguh-sungguh dari Tuhan Yesus (Matius 24:15) dan harus diakui bahwa paling tidak dua, mungkin tiga nubuatan digenapi: di zaman dan pada Akhir Zaman. Keempat binatang buas yang dilukiskan dalam Daniel 7 boleh jadi ditafsirkan dalam tiga cara, yaitu sebagai kerajaan-kerajaan besar dunia, masa lalui, sekarang dan masa yang akan datang.

Pesan

1. Minat fatalistis manusia terhadap agama Dan 3:1-30
o Obyek penyembahan manusia disediakan. Perhatikan konstruksinya -- lunak tetapi terbuat dari emas yang mewah dan ukurannya -- kaku tetapi kelihatannya hebat. Dan 3:1-3
o Perintah dikeluarkan. Suatu liturgi baru! "Katakan pada kami apa yang harus kami lakukan dan kami akan melakukannya!" Pendapat Nebukadnezar itu benar bahwa gabungan rasa kagum dan takut dapat meningkatkan penyembahan. Dan 3:4-6
o Ketaatan ditawarkan. Manusia seperti domba dan mereka akan mengikuti seorang "gembala". Ini merupakan peringatan bagi para pemimpin. Dan 3:7
o Tuduhan dilancarkan. Bersyukurlah kepada Allah bagi para "non-konformis", orang yang dapat membedakan yang benar dari yang jahat, walaupun yang salah itu bersumber pada raja. Dan 3:8-12
o Suatu pilihan ditawarkan. Bertobat atau mati! Sering kali pilihan yang ditawarkan begitu gamblang, tetapi kita sering menolak Kristus jika pilihan itu bukan kematian, melainkan semata-mata hanya menjadi bahan tertawaan atau dianggap aneh. Dan 3:13-15
o Jawaban diberikan. Dan jawaban itu luar biasa! Kami tidak mau! Kemenangan! Dan 3:16-18
o Hukuman dilaksanakan. Iman ketiga orang ini dicobai habis-habisan; kelihatannya tidak akan ada pembebasan. Dan 3:19-23
o Ada pelepasan. Ada orang keempat, suatu tubuh ilahi, yang berjalan bersama mereka bertiga di dalam api (suatu ilustrasi luar biasa dari Yesaya 43:2). Dan 3:24-27
o Suatu titah baru. Nebukadnezar sungguh bersedia untuk menambahkan Allah Israel ke dalam koleksi dewa-dewanya, bahkan mengakui kuasanya yang luar biasa untuk menyelamatkan. Tetapi Dia "Allah Sadrakh, Mesakh dan Abednego. Dan 3:28-29
o Kedudukan baru. Dari penjara kepada kekuasaan, dari penghinaan kepada kehormatan. Yusuf juga mempunyai pengalaman yang serupa (Kejadian 41). Dan 3:30

2. Pengetahuan Allah yang sempurna mengenai hari depan Dan 9:20-27
o Pengantar Wahyu. Kembali kita mendapatkan Daniel yang sedang berdoa; tidak meminta sesuatu, tetapi mengakui segala kesalahannya; meluruskan hubungannya dengan Allah. Dan 9:20-23
o Suatu ringkasan yang tepat. Tujuh kali tujuh puluh, tidak semata-mata 490 tahun, tetapi angka yang mewakili seluruh periode dalam rencana Allah. Dan 9:24
o Petunjuk untuk penafsiran. Rencana inti terbagi dalam tiga bagian: 49 tahun, 434 tahun dan masa akhir selama 7 tahun. Ayat Dan 9:27 boleh jadi menunjuk baik kepada Antiokus (yang meninggalkan altar dengan memberlakukan tata ibadah kafir), maupun masa pemerintahan Titus, yaitu ketika pada tanggal 17 juli tahun 70, semua korban sembelihan di bait Allah dihentikan, dan sampai akhir dari Kitab Wahyu. Kitab Daniel harus ditafsirkan di bawah terang Wahyu. Dan 9:25-27

Penerapan

1. Orang Kristen sebagai orang buangan
Seperti dikatakan oleh Paulus, "kewargaan kita adalah di dalam sorga" (Fil 3:20), dan Petruss menasihati kita, "hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini" (1Pe 1:17).
Demikianlah yang terjadi dengan Daniel: seorang buangan, seorang pendatang, seorang asing. Bagian pertama dari kitab ini merupakan suatu tuntunan yang luar biasa mengenai bagaimana umat Allah harus bersikap dalam dunia yang jahat ini.
Pasal-pasal permulaan dari kitab ini mengajarkan kepada kita:
o Jangan terpengaruh oleh puji-pujian duniawi, atau oleh hadiah-hadiah (Dan 5:17).
o Jangan takut terhadap ancaman dunia; katakan apa yang harus dikatakan (Dan 3:16-18).
o Jangan terpengaruh dengan agama-agama dunia; bersamalah dengan Allah dan serahkanlah segala konsekuensinya kepada Dia (Dan 6:1-10).

2. Umat Allah sebagai kawan sekerja Allah
Dalam keseluruhan kitab Daniel kita merasakan adanya kehadiran Allah bersama umat-Nya, berbagi rencana dengan mereka dan berbagi pengalaman. Itu pula yang menjadi pelajaran yang harus diajarkan oleh Musa kepada orang buangan di Mesir. Mereka telah menderita dan telah pula berdoa, tetapi Allah tidak menyelamatkan mereka. Allah berkata kepada Musa: "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan olah pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka. Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka..." (Keluaran 3:7,8). Daniel mengingatkan kita bahwa meskipun Allah mungkin kadang-kadang membiarkan kita menderita, Dia selalu dekat dengan kita dan selalu dapat membebaskan kita. Dan sebagai kawan sekerja-Nya, Dia kadang-kadang mengizinkan kita untuk sejenak melihat kemuliaan yang akan datang.

Tema-tema Kunci

Akhir zaman
o Kitab Daniel merupakan kitab nubuatan, tetapi dalam bentuk yang lain daripada yang lain, berisi gambar-gambar dan lambang. Kitab itu terutama berkenaan dengan akhir zaman. Dalam hal ini serupa dengan Wahyu, tetapi harus juga dibandingkan dengan Markus 13, Matius 24 dan Lukas 21.
o Dari kata-kata Tuhan Yesus sendiri (Markus 13:32-4) timbul suatu prinsip yang penting, yaitu kita tidak diperkenankan untuk mengetahui dengan tepat kapan akhir zaman itu akan tiba. Informasi yang kita dapat dari kitab Daniel tidaklah cukup bagi kita untuk menentukan dengan tepat kapan akhir zaman itu akan tiba.
o Namun demikian, kita bukan tidak diberi petunjuk. Ada orang yang menertawakan nubuatan dan menolak pendapat mengenai Wahyu, akhir zaman yang penuh bencana. Segala sesuatu berjalan seperti sedia kala (2Pe 3:1-13). Ada pula yang ingin tahu lebih banyak daripada yang diperbolehkan, dan mencoba untuk menentukan waktu yang tepat kapan akhir zaman itu akan terjadi.
o Banyak usaha penjelasan arti misteri "tujuh" telah diusulkan. Periode pertama dari tujuh kali tujuh masa bisa jadi menunjuk kepada periode pembuangan dari 587 SM ketika Yerusalem jatuh, sampai 538/7 SM ketika Xerxes memerintahkan pembangunan kembali Yerusalem. Ada kesepakatan meluas bahwa Yang Diurapi (arti dari istilah bahasa Ibrani: Mesias) pasti menunjuk kepada Kristus. Namun diusulkan pula bahwa antara 69 minggu dan minggu terakhir yaitu antara kedatangan Kristus pertama dan kedua, terjadi masa "diam" yang lama yang di dalamnya kabar baik diberitakan.
o Kejadian-kejadian yang terjadi dalam Dan 9:27 dan acuan kepada "pertengahan masa" sering dibandingkan dengan Wahyu 11:1-13, dan sudah jelas bahwa perkataan-perkataan Daniel tidak dapat ditafsirkan tanpa mengacu kepada ayat-ayat ini dan ayat-ayat lainnya dalam Wahyu. Pelajari dan bandingkan: Daniel 9:20-27; Matius 24:1-44; 2Pe 3; dan Wahyu 11. Perhatikan mengapa angka tujuh merupakan lambang penting dalam Alkitab. Telusuri berapa banyak angka tujuh yang ada dalam kitab Wahyu. Nubuatan-nubuatan itu akan lebih mudah dimengerti jika angka tujuh diartikan secara simbolis dan tidak secara harafiah, untuk melambangkan "kesempurnaan".
o Daftarkan apa saja yang kita ketahui mengenai akhir zaman. Apakah kita perlu mengetahui lebih banyak lagi? Dengan apa yang kita ketahui, harus menjadi manusia macam apakah kita ini (2Pe 3:11-15)?

Garis Besar Intisari: Daniel (Pendahuluan Kitab) [1] DANIEL DI BABEL Dan 1:1-21 Dan 1:1-7Bagaimana Daniel datang ke Babel Dan 1:8-16Daniel menjadi vegetaris Dan 1:17-21Anugerah-anugerah Allah

[1] DANIEL DI BABEL Dan 1:1-21

Dan 1:1-7Bagaimana Daniel datang ke Babel
Dan 1:8-16Daniel menjadi vegetaris
Dan 1:17-21Anugerah-anugerah Allah

[2] MIMPI NEBUKADNEZAR TENTANG SEBUAH PATUNG Dan 2:1-49

Dan 2:1-13Mimpi itu
Dan 2:14-23Daniel sebagai pendoa
Dan 2:24-25Penafsiran mimpi
Dan 2:46-49Daniel yang penuh kuasa

[3] PERAPIAN YANG BERNYALA-NYALA Dan 3:1-30

Dan 3:1-7Perintah raja
Dan 3:8-23Dituduh, dijatuhi hukuman
Dan 3:24-27Dilepaskan
Dan 3:28-30Diberi kedudukan

[4] MIMPI NEBUKADNEZAR MENGENAI POHON Dan 4:1-37

Dan 4:1-18Mimpi diceritakan
Dan 4:19-27Mimpi dijelaskan
Dan 4:28-37Mimpi menjadi kenyataan

[5] PESTA RAJA BELSYAZAR Dan 5:1-31

Dan 5:1-9Tulisan di atas tembok
Dan 5:10-12Daniel dipanggil
Dan 5:13-28Daniel menerangkan semuanya
Dan 5:29-31Anugerah dan kehancuran

[6] DANIEL DAN SINGA-SINGA Dan 6:1-28

Dan 6:1-4Pejabat dengan kuasa penuh
Dan 6:5-9Persekongkolan
Dan 6:10-18Kandang singa
Dan 6:19-23Allah kembali bertindak
Dan 6:24-28Titah kerajaan

[7] PENGLIHATAN MENGENAI EMPAT BINATANG BUAS Dan 7:1-28

[8] DOMBA JANTAN DAN KAMBING JANTAN Dan 8:1-17

[9] BERHENTI SEJENAK UNTUK BERDOA Dan 9:1-19

[10] TUJUH PULUH KALI TUJUH MASA Dan 9:20-27

[11] PENGANTAR NUBUATAN Dan 10:1-21

Dan 10:1-3Keadaan
Dan 10:4-17Daniel jatuh pingsan
Dan 10:18-21Jamahan yang menguatkan

[12] PENGLIHATAN TENTANG RAJA-RAJA Dan 11:1-12:4

Dan 11:36-45 Raja perebut kuasa
Dan 11:1-35Kedua raja
Dan 12:1-4 Raja penyelamat

[13] PENGLIHATAN DI TEPI SUNGAI Dan 12:5-13

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #13: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab dalam format PDF. [SEMUA]
dibuat dalam 0.68 detik
dipersembahkan oleh YLSA